Pertumbuhan Industri Keuangan Syariah Lampaui Konvensional

/, News/Pertumbuhan Industri Keuangan Syariah Lampaui Konvensional

Pertumbuhan Industri Keuangan Syariah Lampaui Konvensional

Pertumbuhan industri keuangan syariah pada 2017 cukup tinggi, yakni mencapai 27 persen menjadi Rp 1.133,23 triliun. Capaian itu belum termasuk saham syariah. Angka tersebut juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan target pertumbuhan 20 persen.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso setelah dilantik sebagai ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) pada Maret 2017 lalu menyatakan: ’’Ini lebih tinggi daripada pertumbuhan industri keuangan konvensional. Bahkan, pangsa pasar sukuk Indonesia mencapai 19 persen dari seluruh sukuk yang diterbitkan berbagai negara,’’ kata akhir pekan lalu.

Pertumbuhan itu menunjukkan bahwa Indonesia menyimpan banyak potensi untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah lebih pesat lagi. Industri keuangan syariah juga dapat berkontribusi lebih besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurut Wimboh, pertumbuhan keuangan syariah belum optimal. Sebab, secara kelembagaan industri keuangan syariah belum kukuh dalam menghadapi berbagai tekanan dari eksternal maupun untuk memacu pertumbuhannya. Belum banyaknya bank syariah yang berstatus bank umum syariah (BUS), misalnya.

Akibatnya, dominasi induk usaha pada unit usaha syariah (UUS) cukup besar. Untuk menjadi BUS, dibutuhkan lebih banyak modal yang disuntikkan kepada UUS. Selain itu, masih banyak industri keuangan syariah yang bergantung pada bisnis induk sehingga hanya mengandalkan nasabah dari dalam grup usaha sendiri.

Berdasarkan hasil survei OJK pada 2016, tingkat literasi dan inklusi masyarakat terhadap produk keuangan syariah masih rendah. Yaitu, 8,11 persen. Tingkat literasi perbankan syariah tercatat 6,63 persen, asuransi syariah 2,51 persen, dan pasar modal syariah 0,02 persen.

Direktur Utama PT Bank Syariah Mandiri Toni E.B. Subari menyatakan bahwa industri perbankan syariah tahun lalu cukup tertekan, tetapi akhirnya berhasil keluar dari masalah.

Pos-pos Terbaru

Komentar Terbaru

    Arsip

    Kategori

    Dapatkan informasi dan tips mengenai Ekonomi Syariah lewat kumpulan artikel berikut ini.

    2019-01-18T03:11:19+00:00

    About the Author:

    Menjadi wadah yang diakui sebagai acuan dan diikuti sebagai teladan bagi usaha percepatan pengembangan dan penerapan system ekonomi dan etika usaha yang sesuai dengan syariah Islam di Indonesia

    Leave A Comment

    New Courses

    Info Kontak

    Kantor Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah Ruang 101 Jl. Tebet Dalam IV E No 70, Tebet Barat, Jakarta Selatan, 12810

    Phone: 021-8298724

    Fax: 021-8299753

    Web: belajar ekonomi syariah

    Pos-pos Terbaru